Rabu, 15 April 2015

Buat Jalur PCB Dengan Setrika



Siapkan bahan bahan untuk buat jalur PCB



Kertas glossy / kertas foto (kertas glossy saya menggunakan ukuran 210gram)
Spidol permanen
Cuter
Grenjeng ( yang biasa digunakan untuk nyuci panci / wajan )
Setrika ( untuk setrika tidak gak ikut ke foto karena menggunakan setrika jadul jadi malu hehehehe)

Gambar lay out di print di kertas glossypakai print laser jet,karena saya belum punya print laser jet sendiri maka saya print di kertas HVS lalu saya fotokopi di kertas glossy,tapi tidak semua jasa fotokopi mau dengan berbagai alasan & argumennya masing2.



Siapkan PCB polos & potong sesuai keperluan saja,potong juga gambar lay out yang sudah di cetak di kertas glossy.




Bersihkan PCB polos dari kotoran yang menempel dengan grenjeng sambil di basahi dengan air sampai benar benar bersih,kalau sudah bersih bilas tembaga PCB dengan sabun colek & air bersih,pakai sabunnya secukupnya saja soalnya nanti kalau kebanyakan bisa bisa dimarahi bini / nyokap hehehehe.
Bersihkan air yang masih membasahi tembaga PCB dengan tisu sampai kering lalu panasi PCB dengan setrika biar permukaan tembaga benar benar kering.



Letakkan lay out yang sudah di cetak di kertas glossy di tembaga PCB lalu panasi dengan setrika sambil di tekan tekan biar gambar bisa menempel dengan sempurna,karena saya pakai setrika jadul maka panasnya saya sset maksimal.
Disini saya tidak menentukan berapa lama waktu memanasinya saya cuma menggunakan filling saja,setelah dirasa gambar sudah menempel dengan sempurna maka tunggu sesaat agar agak dingin lalu lepas kertas glossy dari permukaan tembaga pelan pelan,sebenarnya langsung dibuka tidak usah nunggu agak dingin juga tidak masalah tapi resiko panas tanggung sendiri ya hehehe.



Ini hasilnya yang sudah di lepas kertasnya


Cek ulang jalurnya bila ada yang short maka bisa di rapikan dengan cuter & bila ada yang putus bisa gunakan spidol permanen,bila sudah di cek ulang siap di larutkan dengan ferit clorid biar tembaga cepat larut bisa menggunakan air hangat.
Sesudah di larutkan biar tembaga gak cepat korosi / karatan saya biasa menggunakan gondorukem / damar / arpus yang di tumbuk halus lalu di campur dengan tiner & dioleskan di tembaga PCB pakai tisu / kain halus.


Kalau gambar tata letak komponen mau di cetak di PCB bisa juga menggunakan setrika tapi harus ekstra hati hati agas gambarnya bisa pas.
Setelah selesai overlay untuk mencegah gambar agar tidak cepat lecet saya menggunakan cat clear / transparan.
Ini contohnya yang sudah dipasangi komponen



Contoh rangkaian jadinya


Semoga bisa bermanfaat bila ada saran,masukan,kritik silakan di coment.

3 komentar:

  1. bahan kimia di lapisan kertas photo gak beresiko ke permukaan drum printer laser mas ?

    BalasHapus
  2. terus terang belum pernah coba langsung pakai laser jet tapi kata teman gak masalah mas

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Schematic TV Sharp

  20U200 SHARP 20F540 CHASSIS GA2SM Sharp 29DXS250E2_IXD067WJ_STRW6556_Chasis GB-9S VE SHARP 2T-C50AD1I SHARP 29F-PE550,29F-PD570 SHARP LC-2...